Tips untuk Desain Rumah Minimalis agar Hemat Biaya


100Rumahminimalis - Impian akan memiliki rumah asri di lokasi strategis, dibangun dengan bahan terbaik, dan dapat memenuhi segala keperluan keluarga tentunya menjadi impian utama. Tentunya, seluruh calon pemilik rumah menginginkan yang terbaik bagi rumah impiannya. Namun, membangun rumah impian terkadang kerap menemui berbagai kendala. Terutama masalah pendanaan.

Akibatnya, banyak calon pemilik rumah yang harus berkompromi dengan dana yang ia miliki. Hal ini tentunya membuat bentuk rumah pun harus ikut berkompromi. Untungnya, ada beberapa tips yang dapat digunakan agar biaya membangun rumah tidaklah terlalu mahal.

Memilih lokasi rumah yang akan dibangun di tempat yang berharga miring bisa menjadi salah satu solusinya. Selain itu, pemillihan tukang dan ahli bangun rumah yang baik juga dapat memberikan kepuasan dari segi harga. Tukang yang baik akan memberikan kualitas yang baik pula. Sehingga nantinya akan mengurangi resiko untuk melakukan renovasi.

Tips untuk Desain Rumah Minimalis agar Hemat Biaya


Namun, kini sudah banyak desain model rumah minimalis yang lebih ramah di kantong. Desain rumah minimalis ini tentunya akan dapat mengurangi biaya pembuatan rumah. Penggunaan lahan dan juga bahan bangunan akan lebih efisien dengan membangun rumah minimalis.

Walau rumah minimalis akan memberikan kesan sederhana, bukan berarti rumah minimalis tidak dapat tampak mewah dan modern. Salah satu tips yang dapat digunakan untuk mengurangi biaya adalah dengan mengatur denah rumah.

Denah rumah berbentuk persegi atau persegi panjang terbukti akan memakan biaya yang lebih murah dari biaya membangun rumah dengan bentuk segitiga atau melingkar. Jika Anda memiliki dana yang cukup untuk membangun rumah sesuai selera, tentunya Anda dapat melakukannya. Namun, jika dana-nya pas-pasan denah rumah berbentuk persegi atau persegi panjang bisa menjadi pilihan.

Selain itu, menentukan ruangan yang akan dibangun juga dapat mengurangi biaya pembangunan secara signifikan. Misalnya, jika Anda adalah keluarga dengan dua orang anak berusia 4-8 tahun, Anda dapat membangun rumah minimalis dengan dua kamar tidur saja. Kedua anak Anda dapat tidur bersama dalam satu kamar sementara Anda dan istri dalam kamar lainnya. Seiring waktu, Anda tentunya dapat menabung untuk membangun kamar lainnya ketika anak Anda beranjak dewasa.
Bisa juga dengan membuat ruangan yang multifungsi seperti dapur yang menyatu dengan ruang makan atau ruang keluarga yang menyatu dengan ruang tamu. Ruangan multifungsi ini tentunya akan menekan biaya pembuatan rumah. Anda juga tidak perlu khawatir ruangan-ruangan tersebut akan berkurang fungsinya. Ruangan tersebut juga dapat didesain sedemikian rupa agar nyaman.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, tentunya Anda kini tidak perlu lagi khawatir untuk membangun rumah dengan dana terbatas. Meski rumah minimalis merupakan rumah yang terlihat sederhana, namun kesan mewah dan modern akan bisa selalu terlihat. Hal terpenting yang harus diperhatikan, rumah Anda dapat memberikan kenyamanan bagi keluarga.

Jadi, tak perlu risau lagi bagi Anda yang ingin membangun rumah sendiri dengan dana terbatas. Kini, Anda bisa mewujudkan pembangunan rumah idaman untuk keluarga kecil Anda meski hanya sederhana, namun tetap terkesan modern dan megah. Bagaimana pun desain dan berapa pun ukurannya, asal Anda dan keluarga nyaman tinggal di dalamnya pasti akan lebih membahagiakan.

Tips untuk Desain Rumah Minimalis agar Hemat Biaya | Wadi Son | 5

1 komentar :

  1. makin banyak inspirasi aja nih gan buat rumah dengan budget minim namun tetap cantik :)

    BalasHapus