9 Rumah Adat Indonesia



Keragaman arsitektur atau rumah tinggal berbagai suku bangsa di wilayah kepulauan di masa lalu adalah karunia khusus dari Allah SWT yang hanya dimiliki Indonesia. Penghargaan ini tidak dimiliki oleh negara lain mana pun di dunia. Jadi kita sebagai salah satu masayarakat indonesia sepatut bersyukur dengan Allah SWT.karena telah memberikan anugraha yang begini banyak. Kita juga wajib berterimakasih kepada para leluhur kita,karena mereka telah memperkenalkannya kepada anak cucu kita sehingga tetap abadi berkelanjutan.

Rumah tradisional di Indonesia memiliki keanekaragaman suku arsitektur,rumah tinggal di Indonesia yang majemuk kita dapat membuktikan dengan berbagai bentuk dan model rumah adat suku di Indonesia dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Di sini kita akan sepenuhnya menjelaskan rumah adat di Indonesia seperti bahan pembelajaran bagi kita untuk mengetahui harta warisan budaya kita di bidang arsitektur sangatlah banyak.


Baca juga :

Di bawah adalah salah satu contoh dari semua rumah adar,misalnya:

1.      Rumah Adat Krong Bade Nanggroe Aceh Darussalam
Krong Bade atau juga dikenal sebagai rumoh Aceh adalah rumah tradisional provinsi terbarat di Indonesia, Nanggroe Aceh Darussalam. Krong Bade adalah rumah panggung dengan tangga depan tunggal yang digunakan untuk melewati. keberadaan rumah adat Aceh sekarang semakin langka. Masyarakat Aceh pada umumnya saat ini lebih memilih untuk tinggal di rumah dengan gaya modern. Alasannya, selain biaya konstruksi yang lebih mahal, rumah Krong Bade juga membutuhkan biaya pemeliharaan yang tinggi. rumah tradisional di Indonesia krong bade.
2.      Rumah Adat Bolon Sumatera Utara
Rumah Bolon adalah rumah tradisional dari identitas Batak di Sumatera Utara. Ada beberapa jenis rumah Bolon pertama kalinya menjadi gaya arsitektur rumah tinggal orang Batak. Beberapa jenis rumah tradisional di Indonesia, antara lain, Toba Rumah Bolon, Bolon Mandailing, Simalungun Bolon, Bolon Pakpak, Karo Bolon, Bolon Angkola. Setiap rumah sebenarnya memiliki merek dagang sendiri. Namun, mereka sekarang sulit untuk menemukan. rumah tradisional di Indonesia Bolon.
3.      Rumah Adat Tower Sumatera Barat
Rumah Gadang (Godang) adalah rumah tradisional Minangkabau yang masih lazim di Provinsi Sumatera Barat. Mengingat budaya Melayu yang tersebar di seluruh Semenanjung Melayu masa lalu, rumah tradisional juga sampai sekarang dapat ditemui di beberapa daerah di Malaysia. Jadi, jika suatu hari Anda menemukan rumah panjang di negara-negara tetangga, tidak berpikir jika mereka mencuri budaya kita. rumah tradisional di Indonesia gadang.
4.      Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar
Rumah selaso jatuh kembar riau adalah rumah adat khas di Provinsi Riau Indonesia yang digunakan sebagai balai desa atau tempat untuk musyawarah. Selaso rumah kembar jatuh sendiri memiliki makna yang memiliki dua lobi dengan lantai lebih rendah dari tengah ruangan. rumah tradisional di Indonesia selaso jatuh Tahap kembar.
5.      Rumah Adat Kajang Leko Jambi
Rumah Panggung Kajang Leko adalah rumah tradisional khas Indonesia Jambi terbuat dari kayu dan dibagi menjadi delapan kamar. Kedelapan kamar, di antara ruang pertama lainnya (jogan) berfungsi sebagai tempat peristirahatan dan sebagai tempat untuk menyimpan air. Ruang kedua (teras depan) berfungsi sebagai penerima tamu laki-laki. Ruang ketiga (aula) berfungsi sebagai tempat tidur anak. Ruang keempat (divan melintang) berfungsi sebagai kamar pengantin. Ruang kelima (teras belakang) berfungsi sebagai tempat tidur untuk anak perempuan yang belum menikah. Ruang keenam (Laren) berfungsi sebagai tempat untuk menerima tamu perempuan. Ketujuh kamar (ganas) berfungsi sebagai tempat untuk memasak makanan dan tempat untuk menyimpan air. Kedelapan adalah ruang dapur yang digunakan untuk memasak makanan. rumah tradisional di Indonesia tenda leko.
6.      Rumah Adat Limas
Rumah adat limas Sumatera Selatan adalah rumah tradisional khas Indonesia Sumatera Selatan dengan lantai bertingkat dengan atap yang menyerupai bentuk piramida. Kebanyakan rumah piramida memiliki luas 400-1000 meter2. Bangunan ini didirikan pada tiang kayu ulin yang kuat dan tahan air, sedangkan pintu, dinding, dan lantai terbuat dari tembesu kayu. rumah tradisional di Indonesia Limas.
7.      Rumah Adat Raft Limas Bangka Belitung
Rumah adat berbentuk piramida adalah rumah tradisional khas pada kenyataannya ada di Indonesia bangka belitung bahwa arsitekturnya, mirip dengan rumah tradisional dari provinsi lain di Sumatera yang masih berkarakteristek Melayu. Berikut adalah penampilan fisik ini rumah adat Bangka Belitung. rumah tradisional di Indonesia rakit piramida.
8.      Rumah Adat Rakyat Bengkulu
Rumah adat rakyat adalah rumah tradisional yang digunakan sebagai tempat tinggal orang-orang dari Bengkulu. Rumah ini juga dibagi menjadi beberapa ruangan, yaitu, berendo atau beranda, yang digunakan untuk menerima tamu, berjalan-pepaya atau master suite, berjalan-in gadis atau anak perempuan kamar, dan sebagainya.
9.      Rumah Adat Nowou Sesat Lampung
Lampung memiliki rumah tradisional dengansebutan yang cukup unik, yang Nuwou Sekte. Nuwou Bidat berasal dari Lampung, Nuwou yang berarti rumah dan menyimpang yang berarti tempat ibadah. Rumah memiliki tahap Nowou Sesat khas, atap yang terbuat dari alang-alang anyaman, dinding kayu, dan mendirikan paralel di sepanjang jalan utama yang membelah desa. rumah adat di Indonesia yang satu ini sangat jarang ditemukan di Lampung.

Proses integrasi dan akulturasi berjalan begitu cepat di Lampung adalah penyebab utama. rumah tradisional di Indonesia nowou sesat Nah, itulah sembilan rumah adat di Indonesia yang semuanya terletak di pulau Sumatera.


9 Rumah Adat Indonesia | Wadi Son | 5

0 komentar :

Poskan Komentar