7 Model Ventilasi Terbaik untuk Rumah Minimalis

Model Ventilasi Terbaik untuk Rumah Minimalis

Walau bentuknya kecil, namun kehadiran ventilasi di rumah memiliki manfaat yang sangat besar pada kesehatan Anda dan keluarga. Ventilasi sendiri adalah bukaan atau lubang yang dibuat pada dinding atau atap rumah sebagai media keluar-masuknya udara. Bentuknya beragam, namun di rumah-rumah Indonesia, model ventilasi umumnya berbentuk kecil dan berada di dinding tepat di atas jendela. Namun seiring makin banyaknya rumah-rumah berdesain minimalis, bentuk dan model ventalisi pun semakin beragam. Berikut ini beberapa desain model ventilasi untuk rumah minimalis yang dapat dijadikan inspirasi.

 Inilah model ventilasi yang sudah sangat umum dibuat pada rumah-rumah di Indonesia. Bentuknya biasanya kotak, disesuaikan dengan ukuran batu batu penyusun dindingnya. Ventilasi dibuat kecil tapi cukup banyak agar pada malam hari, udara tetap terasa sejuk. Untuk menghindari masuknya nyamuk, ventilasi tersebut kerap ditutupi dengan kawat kasa.

Pada rumah-rumah minimalis, ventilasi sudah mulai mengalami perkembangan desain dan fungsi. Model ventilasi pada berkonsep minimalis yang modern lebih banyak yang berbentuk kecil dan tipis serta terletak di antara bagian atas dinding dan plafon.

Desain rumah minimalis yang kini banyak dikembangkan pun lebih memanfaatkan pintu atau jendela besar berdesain pivot sebagai ventilasinya di siang hari. Hal itu dapat bermanfaat dengan bagus karena udara yang masuk dan keluar pada siang hari dapat lebih maksimal. Pada malam harinya, ketika jendela dan pintu mulai ditutup, udara tersirkulasi melalui ventilasi yang terletak pada plafon.

Kehadiran ventilasi di dapur adalah sebuah hal yang sangat wajib. Sebab, di area tersebut terdapat menjadi tempat segala bau bersarang, begitupula kehadiran gas yang dihasilkan dari penggunaan gas tabung untuk memasang. Maka itu model ventilasi yang digunakan haruslah memiliki ukuran yang tepat.

Kehadiran cooker hood alias alat penghisap asap dan gas yang terletak di atas kompor bisa membantu udara agar bersikulasi dengan lebih baik.  Walau dapur dilengkapi dengan cooker hood, ventilasi dan jendela pun harus tetap ada.

Ventilasi pun sangat penting untuk dibuat di sebuah kamar mandi rumah minimalis. Karena lahan yang kecil, posisi kamar mandi kerap tidak terlalu strategis sehingga tidak terkena sinar matahari. Maka itu maksimalkan desainnya agar tidak hanya udara yang dapat tersirkulasi tapi matahari pun bisa masuk ke dalamnya.

Selain ventilasi dengan desain yang umum, kamar mandi pun biasanya menggunakan model ventilasi berkipas yang dipasang di atas plafon. Ventilasi ini sangat tepat digunakan untuk menghilangkan pengap di dalam kamar mandi, apalagi jika Anda tengah mandi dengan air panas.




7 Model Ventilasi Terbaik untuk Rumah Minimalis | Wadi Son | 5