Papan Fiber Semen Buat Pagar Rumah Jadi Lebih Berkarakter

Papan Fiber Semen Buat Pagar Rumah Jadi Lebih Berkarakter


Tujuan utama dari pembuatan pagar rumah adalah untuk memberikan keamanan serta privasi dari para penghuni rumah. Bukan begitu? Pagar, sebagai bagian terdepan sesungguhnya juga bisa bermanfaat sebagai pemanis tampilan sehingga rumah pun dapat kelihatan lebih cantik. Sekarang ini, makin banyak ragam desain pagar, baik itu berbahan kayu, besi, ataupun batu. Kali ini, kami akan membahas mengenai sesuatu yang berbeda yaitu pagar dengan bahan papan fiber semen.


Pagar rumah dengan papan fiber semen merupakan variasi baru yang dapat memberikan tampilan yang cukup berbeda pada bagian terluar rumah. Papan fiber semen ini sendiri memiliki motif guratan-guratan halus seperti kayu. Oleh sebab itu, banyak orang yang menggunakannya sebagai pemberi nilai estetika yang sangat baik. Selain itu, bagian luar rumah akan tampil lebih dinamis.

Untuk pagar, papan fiber semen ini termasuk sebagai material yang cocok untuk dipadukan dengan bahan lainnya, salah satunya adalah dengan finishing kamprot. Anda bisa menerapkan teknik layering bertumpuk dalam mengaplikasikannya untuk memberikan kesan yang lebih berkarakter pada pagar rumah.


Papan fiber semen merupakan material yang lebih berkualitas, maka itu ia sering dijadikan pengganti bahan gipsum dan triplek. Papan ini biasanya digunakan sebagai plafon rumah, pelapis partisi, pelapis dinding eksterior. Bahan dasar yang menyusun papan ini adalah semen yang ditulangi oleh serat fiberglass sehingga tidak mudah pecah. Inilah yang membuat papan fiber semen cocok untuk ditempatkan pada bagian luar, termasuk pagar rumah.

Selain tidak mudah pecah, papan fiber semen juga kuat dan tahan benturan, tahan air dan lembap, tahap panas dan api, jamur dan rayap, serta kedap suara. Hal-hal tersebut tentunya sangat dibutuhkan untuk membuat pagar rumah agar fungsi perlindungan terhadap rumah semakin maksimal.


Sebagai material pelapis pagar rumah, papan fiber semen harus dipasang dengan menggunakan sambungan fleksibel pada pertemuan antara panelnya. Sementara itu, jika Anda mengaplikasikan finishing berupa cat pada papan fiber semen tersebut, gunakanlah cat dengan kualitas bagus agar pola dan motif yang sudah dimilikinya tidak akan tertutupi. Lalu, dalam hal perawatan papan fiber semen tidak jauh berbeda perlakukannya dengan material berbahan beton.



Papan fiber semen selain dapat membawa suasana serta memberikan karakter kuat pada pagar rumah, juga sangat eknomis dan praktis. Selain untuk pagar, Anda juga bisa menggunakannya untuk menutupi bagian-bagian rumah yang tak ingin terlihat seperti kabel dan pipa air lho.

Papan Fiber Semen Buat Pagar Rumah Jadi Lebih Berkarakter | Wadi Son | 5