Memasang Hammock di Dalam dan Luar Rumah

Tips Memasang Hammock di Dalam dan Luar Rumah

Sekarang ini kehadiran ayunan atau tempat tidur gantung alias hammock semakin diminati banyak orang khususnya anak muda. Umumya, meraka menggunakan hammock berjenis parasut ketika tengah beraktivitas di alam seperti gunung atau tepian pantai.
Tidak hanya di alam, kita juga bisa memasang ayunan gantung tersebut di halaman atau dalam rumah sekalipun secara mandiri. Bahannya pun beragam, tidak hanya parasut tapi yang terbuat rajutan, kain gendongan, atau tali. Ingin pasang di rumah? simak saja tips memasang hammock dan hal-hal yang perlu diperhatikan berikut ini.

Memilih Hammock


Tips memasang hammock yang pertama adalah perhatikan ukurannya sebelum membeli. Umumnya, hammock yang dijual di pasaran memiliki panjang 2-2,5 meter, lebar 0,8-1,5 meter, dan panjang tali webbing sekitar 3,5 meter. Hammock dengan panjang tersebut setidaknya dapat menahan berat hingga 200 kilogram. Semakin besar ukuran, semakin besar pula beban yang dapat ditahan. Sesuaikanlah kebutuhan hammock dengan jumlah dan berat masing-masing para penghuni rumah.

Lokasi Pemasangan

Tips memasang hammock selanjutnya adalah memerhatikan lokasi pemasangan. Seperti yang telah disebutkan, hammock dapat dipasang di dalam maupun bagian luar rumah. Lokasi pemasangan harus diperhatikan karena akan berpengaruh pada proses pemasangan.
Jika memasang di dalam rumah, pastikan tembok yang akan dipasangi gantungan tidak rapuh dan retak. Namun jika ingin memasang di area outdoor, pastikan terdapat dua pohon atau tiang yang mampu menahan berat orang yang naik di hammock nantinya. Jarak antara pohon atau tiang pun harus disesuaikan dengan panjang tali webbing.

Cara Memasang di Luar Rumah

Sebelum memasang hammock di luar rumah, ada baiknya kita mengetahui jenis ikatan atau tali-temali yang cocok.  Biasanya, tutorial mengikat pun sudah diberikan ketika membeli hammock.

Cara Memasang di Dalam Rumah

Beda halnya jika kita ingin memasang di dalam rumah dengan memanfaatkan dinding sebagai media gantungnya. Berikut rincian tips memasang hammock di dalam rumah.

·         Alat :

1.       Hammock, jenis disesuaikan dengan pilihan
2.       Karbiner (loop logam yang digunakan sebagai pengait pada kegiatan outdoor sport)
3.       Bor atau paku dan palu baja
4.       Baut eyebolt

·         Tahapan Pemasangan



1.       Siapkan seluruh alat dan bahan serta dinding yang akan dipasangi hammock.
2.       Bor dinding dengan kedalaman yang cukup untuk baut. Jika tidak ada bor, gunakan paku dan palu untuk membuat lubang.
3.       Jika lubang sudah terbuat, tancapkan baut eyebolt hinga seluruh bagiannya yang memanjang masuk ke dalam lubang. Pastikan baut terpasang dengat kokoh agar nantinya hammock tidak kendur ketika dinaiki.
4.       Kaitkan karbiner pada masing-masing bagian ujung hammock, lalu kaitkan dengan baut yang telah terpasang di dinding.
5.       Tes hammock dengan menaikinya secara perlahan. Jika sudah nyaman dan tidak kendur, itu berarti hammock siap untuk digunakan.

Selamat mencoba!.
Memasang Hammock di Dalam dan Luar Rumah | Wadi Son | 5