Desain Ruang Keluarga Rumah Minimalis

4 Tips Desain Ruang Keluarga Rumah Minimalis               


Sebagai tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga, kehadiran ruang keluarga di rumah tentu sangat vital.  Untuk mewujudkan suasana kebersamaan yang hangat dan nyaman, mendesainnya pun perlu dipikirkan dengan baik. Apalagi untuk rumah minimalis yang ukuran ruangnya terbatas. Tidak usah khawatir, berikut ini kami berikan beberapa tips dan inspirasi desain ruang keluarga yang cocok untuk hunian minimalis.

Tentukan Tema

Pada rumah minimalis, biasanya ruang keluarga berada di ruangan yang sama dengan ruangan lainnya alias multifungsi. Ruang keluarga bisa bergabung dengan ruang tamu atau berada di area yang sama dengan ruang makan. Untuk tetap menjaga suasana, yang harus dilakukan adalah menentukan tema yang dapat sesuai dengan kedua fungsi ruangan.

Bila ruang keluarga bersatu dengan ruang tamu misalnya, Anda bisa menentukan desain ruang keluarga bertema hangat. Selain dapat berefek baik pada suasana kumpul keluarga, para tetamu yang berkunjung ke rumah juga akan merasakan suasana homy di rumah.

Tentukan Warna

Setelah menentukan tema, Anda bisa lanjut memilih warna untuk meramaikan desain ruang keluarga. Jika fungsi ruangan tersebut ganda, pilih warna-warna lembut seperti putih dan pastel untuk membuat ruangan terkesan lebih luas, namun kesan hangat pun tidak diabaikan. Warna-warna yang cocok untuk ruangan multifungsi tersebut adalah kuning muda, oranye muda, putih, biru muda, atau hijau.

Hindari penggunaan warna gelap pada desain ruang keluarga karena akan menambah kesan ruangan terasa semakin sempit. Namun jika masih ingin menggunakannya, warna-warna tersebut jangan dijadikan warna dominan. Anda bisa mengaplikasikannya di satu bagian dinding, lalu memadukannya dengan warna-warna lembut lainnya.

Pemilihan & Penempatan Perabot

Ruang keluarga identik dengan kenyamanan. Maka, pilihlah perabot seperti sofa yang empuk sehingga Anda sekeluarga betah mengobrol atau menonton televisi bersama. Yang membingungkan, apakah sofa nyaman itu sesuai untuk menerima tamu atau tidak, bukan?. Untuk desain ruang keluarga minimalis, Anda bisa membeli sofa custom yang dibuat sesuai desain yang diinginkan dan cocok untuk ruangan tersebut. Selain sofa, pilih meja, bentuk televisi, atau perabot lainnya yang sesuai dengan ukuran dan konsep dari ruangan tersebut.

Ingat, karena luas ruangan yang tidak besar, jangan pilih perabot yang banyak memiliki aksen. Pilih desain yang minimalis namun tetap nyaman.

Untuk penempatan, Anda harus memastikan agar masih terdapat ruangan bagi anggota keluarga untuk bergerak. Pastikan juga penempatan perabot tidak mengganggu aktifitas penghuni rumah.

Pencahayaan

Menggunakan pencahayaan yang sesuai dapat mendukung terciptanya suasana dan desain ruang keluarga yang diingkan. Untuk membuat suasana yang hangat, gunakan teknik pencahayaan layering yaitu menaruh tiga jenis lampu dengan fungsi berbeda.




Desain Ruang Keluarga Rumah Minimalis | Wadi Son | 5