Cara Tepat Maksimalkan Pancaran Cahaya Matahari pada Rumah

Ini Cara Tepat Maksimalkan Pancaran Cahaya Matahari pada Rumah


Matahari mengandung banyak manfaat, tidak hanya bagi manusia namun juga hunian yang dimiliki. Selain dapat membuat rumah terhindar dari lembap serta jamur, sinar matahari juga sangat bermanfaat sebagai sumber cahaya yang alami pada siang hari. Untuk itu ada baiknya kita memanfaatkan dan memaksimalkan pancaran sinar matahari ke rumah.

Namun ternyata, sinar matahari yang berlebihan pun bisa berdampak buruk pada rumah. Akibat yang bisa ditimbulkan biasanya adalah rumah yang cepat panas termasuk suhu ruangan di dalamnya, warna perabot akan cepat pudar akibat sinar UV, dan cahayanya dapat menyilaukan. Agar terhindar dari hal tersebut, berikut ini beberapa tips pintar untuk mengatur cahaya matahari untuk rumah.

Agar bagian dalam rumah mendapatkan manfaat baik dari sinar matahari, buat jendela yang menghadap ke arah timur, tempat terbitnya matahari. Hindari menempatkan jendela di arah sebaliknya atau di sebelah barat. Sinar dari matahari yang masuk dari jendela bagian timur sangat baik bagi kesehatan dan tidak menyilaukan. 

Skylight

Menggunakan skylight atau mengganti beberapa bagian atap dengan material kaca juga dapat menjadi ide yang baik untuk memaksimalkan masuknya cahaya ke dalam rumah. Pemasangan kaca pada atap ini sangat cocok bagi ruangan yang berada pada posisi yang kurang mendapatkan cahaya. Dengan begitu kita tak perlu menggunakan lampu untuk membantu penerangan pada siang hari di kamar tersebut.

Kanopi

Kanopi yang dipasang pada luar bangunan dapat membantu memperkecil sudut cahaya matahari yang menerpa bagian dalam rumah. Ini akan membuat suhu dalam ruangan tidak menjadi panas dan gerah, selain itu juga tidak menyilaukan mata. Selain kanopi, penggunaan kaca film yang ditempelkan pada permukaan kaca jendela juga dapat mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk, sehingga silaunya pun dapat berkurang.

Kisi - Kisi

Cara lainnya untuk mengatur sinar matahari ke dalam rumah adalah dengan penggunaan kisi-kisi. Hal tersebut dapat menghalau cahaya sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Kisi-kisi tersebut dapat berupa sekat kayu atau bambu, juga tanaman-tanaman rindang atau rambat. Menempatkan kisi-kisi, bisa dilakukan baik di luar rumah dekat dengan jendela atau di dalam ruangan. Kisi-kisi dinilai lebih efektif memblokir panas sebelum masuk dari jendela. 

Tirai Gorden

Cara terakhir adalah dengan menggunakan tirai gorden yang tepat pada jendela-jendela yang berada di rumah. Tempatkan dua lapis tirai yaitu dengan bahan tipis dan memiliki bolongan-bolongan di permukaannya serta tirai dengan bahan yang lebih tebal. 

Pada pagi hari, buka kedua tirai tersebut untuk memaksimalkan pencahayaan yang masuk. Pada siang hari, tutup jendela dengan menggunakan lapisan tirai yang tipis agar ruangan tidak terlalu panas dan silau. 

Sementara itu tirai dengan bahan yang lebih tebal berguna sebagai penjaga privasi ruangan.
Cara Tepat Maksimalkan Pancaran Cahaya Matahari pada Rumah | Wadi Son | 5