Jangan Lakukan 10 Hal Berikut Saat Anda Mendekorasi Rumah !

Anda baru pindah ke rumah baru. Tentu Anda semangat untuk mulai mendekorasi ruangan rumah Anda. Jika Anda datang ke toko furnitur dan toko bangunan, ada banyak pilihan. Jika Anda tidak mengetahui apa yang diinginkan, Anda akan dengan mudah tersesat dan akhirnya rumah Anda terisi dengan perabot yang tidak cocok satu sama lain. Agar lebih jelas dalam menentukan pilihan Anda, kami berikan 10 hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan dalam mendekorasi rumah.

  1. Lupa mengukur ruangan
Jangan akukan 10 hal berikut saat mendekorasi rumah

Ini hal terpenting yang jangan pernah Anda lakukan! Sebelum Anda membeli perabot untuk rumah baru Anda, ukur semua ruangan dengan teliti. Bukan hanya panjang, lebar dan tinggi ruangan saja. Anda juga dapat mengukur berapa panjang dan lebar pintu dan jendela, berapa jarak dari tembok ke jendela dan sebagainya. Jika perlu, Anda dapat menggambarkan denah rumah Anda berikut dengan ukuran sesuai skalanya, saat Anda berbelanja furnitur, agar Anda dapat membayangkan ruangan yang akan Anda dekorasi.

  1. Menggunakan warna serba putih
Jangan akukan 10 hal berikut saat mendekorasi rumah

Ini sangat dilarang jika Anda memiliki anak kecil atau binatang peliharaan. Jika Anda tetap ingin menggunakan warna ini, Anda harus siap dengan ruangan yang terihat kotor. Anak Anda dapat mencoret-coret dinding rumah Anda atau justru binatang peliharaan Anda yang baru saja bermain tanah di halaman, langsung tertidur di sofa atau karpet Anda yang berwarna putih. Membersihkan sofa, karpet atau tembok tentu bukan hal yang menyenangkan.

  1. Memilih furnitur serba identik
Jangan akukan 10 hal berikut saat mendekorasi rumah


Memilih furnitur dengan bentuk geometris, khususnya persegi empat, memang mempermudah menaruhnya di ruangan Anda. Tapi memakai semua furnitur dengan bentuk yang sama akan membuat ruangan terlihat kaku dan membosankan. Gunakan bentuk lain yang tetap serasi dengan tema ruangan. Ini juga berlaku untuk set furnitur. Jangan membeli satu set furnitur sekaligus. Walaupun saat di toko furnitur itu terlihat bagus, belum tentu akan bagus saat ditaruh di ruangan Anda. Padu padankan furnitur dengan furnitur lainnya dalam bentuk dan warna yang berbeda-beda untuk menciptakan kesan hangat dan tidak kaku.

  1. Melupakan gaya ruangan
Jangan akukan 10 hal berikut saat mendekorasi rumah

Jangan lupakan gaya ruangan. Jika ruangan rumah Anda bergaya kontemporer, tapi Anda menaruh furnitur dengan gaya kuno, furnitur tersebut akan terlihat tidak menyatu dan bukan pada tempatnya. Jika Anda memang ingin menggunakan furnitur yang klasik, gunakan yang memiliki bentuk sederhana agar tetap ‘masuk’ dalam tema kontemporer Anda.

  1. Tidak merencanakan warna
Jangan akukan 10 hal berikut saat mendekorasi rumah

Saat akan membeli cat untuk ruangan Anda, rencanakan dengan baik. Pilih palet warna yang sesuai dengan ruangan Anda dan jangan baru memilih saat Anda sudah berada di toko. Dengan merencanakan warna sejak Anda di rumah, Anda tahu pasti gradasi warna yang cocok dengan tema ruangan Anda. Cat yang Anda pilih di toko tanpa perencanaan belum tentu sama saat sudah diaplikasikan di tembok rumah Anda. Anda bisa membeli contoh palet warna cat yang dikeluarkan oleh produsen cat tertentu agar warna yang Anda inginkan sesuai dengan yang Anda beli

  1. Membeli terlalu banyak barang
Jangan akukan 10 hal berikut saat mendekorasi rumah

Jika Anda datang ke sebuah toko furnitur tanpa perencanaan, Anda akan membeli apa saja yang Anda suka. Hasilnya, ruangan Anda akan penuh dengan barang, yang belum tentu sesuai satu sama lain. Rencanakan apa saja yang Anda perlukan, berikut ukuran dan warnanya, dan jangan membeli barang yang tidak Anda perlukan. Walaupun saat di toko, Anda berpikir barang tersebut akan cocok dengan salah satu ruangan Anda, kenyataannya belum tentu sesuai saat di rumah.

  1. Melupakan sudut kosong
Jangan akukan 10 hal berikut saat mendekorasi rumah

Sudut yang kosong akan sangat menarik perhatian orang yang masuk ke ruangan. Usahakan tidak ada sudut ruangan yang tidak terisi. Jadikan sebagai sudut untuk membaca dengan meletakkan kursi dan lampu. Atau Anda juga dapat menghidupkan sudut tersebut dengan meletakkan tanaman dalam pot. Sudut yang kosong akan terlihat lebih jelek daripada yang terlalu penuh.

  1. Memilih tirai yang salah
Jangan akukan 10 hal berikut saat mendekorasi rumah

Banyak hal yang membuat tirai yang Anda pilih tidak tepat untuk ruangan. Tirai yang terlalu tebal dan ramai jelas sudah ketinggalan jaman, dan sudah ditinggalkan. Pilih tirai dengan model dan jenis kain yang sederhana, tapi dengan ukuran yang tepat. Ukuran tirai yang tepat dapat mempercantik ruangan Anda. Pasang tirai dari bawah plafon hingga 5 (lima) sentimeter di atas lantai. Tirai yang menjuntai ini akan memberikan kesan ruangan yang lebih tinggi dan luas.

  1. Menaruh terlalu banyak bantal
Jangan akukan 10 hal berikut saat mendekorasi rumah

Menambahkan bantal pada tempat tidur ataupun sofa memang membuat ruangan tampak nyaman dan hangat. Tapi Anda harus memperhatikan jumlah bantal yang Anda taruh. Jika bantal-bantal Anda menghabiskan setengah dari tempat tidur maupun sofa Anda, berarti Anda memiliki terlalu banyak bantal. Kurangi bantal di furnitur Anda agar tidak terlalu penuh tapi tetap terlihat nyaman.

  1. Penempatan karpet yang salah
Jangan akukan 10 hal berikut saat mendekorasi rumah

Karpet yang Anda letakkan di ruangan dapat mempengaruhi tampilan ruangan Anda. Pastikan ukuran karpet tepat untuk ruangan dan furnitur Anda. Idealnya untuk memakai karpet di sebuah ruangan, semua furnitur Anda berada di dalam karpet tersebut. Tapi jika tidak bisa, setidaknya kaki furnitur bagian depan berada di dalam karpet tersebut. Ini adalah ukuran karpet yang ideal untuk ruangan Anda. Jika furnitur Anda tidak bisa menginjak karpet tersebut, berarti karpet tersebut terlalu kecil.
Semoga dengan artikel ini Anda tidak akan salah dalam mendekorasi rumah Anda. Untuk tips mendekorasi lainnya Anda bisa mengunjungi Rumah Minimalis.

Terima Kasih telah mengunjungi dan membaca artikel ini, tentang Jangan Lakukan 10 Hal Berikut Saat Anda Mendekorasi Rumah.

Tips Agar pengajuan KPR tidak mudah ditolak.
Jangan Lakukan 10 Hal Berikut Saat Anda Mendekorasi Rumah ! | Wadi Son | 5