Desain Kantor dengan Rasa Rumah Sendiri

Desain Kantor dengan Rasa Rumah Sendiri

Tidak dapat dipungkiri, banyak orang yang menghabiskan separuh waktunya di setiap hari untuk bekerja dalam ruangan kantor mereka. Kurang lebih delapan jam bekerja, tentunya mereka akan merasa lelah, bosan, dan bahkan ingin cepat pulang ke rumah. Untuk mengusir perasaan-perasaan dan segala yang dapat mengganggu produktivitas, banyak hal yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan memiliki kantor dengan suasana nyaman, senyaman rumah sendiri.
Membuat kantor nyaman telah banyak diterapkan perusahaan-perusahaan besar dunia, salah satunya Google. Dengan desain dan fasilitas yang nyaman karyawan pun tidak akan merasa stres dan prodiktivitas kerjanya pun dapat meningkat. Berikut ini beberapa desain yang bisa Anda contoh dan aplikasikan untuk memiliki kantor yang nyaman :
Desain Kantor dengan Rasa Rumah Sendiri

Ruangan rapat tidak harus selamanya bergaya formal dengan meja besar dan kursi yang mengelilingi. Untuk rapat harian para karyawan, ruangan dengan kursi menyerupai bangku bertingkat dilengkapi bantal-bantal bisa menjadi ide yang bagus untuk diaplikasikan. Selain duduk di bangku, para karyawan juga bisa duduk lesahan di lantai berkarpet.
Desain Kantor dengan Rasa Rumah Sendiri

Manfaatkan dinding kantor untuk merubah suasana lebih homy seperti memilih warna cat yang sesuai dengan gaya ruangan, atau menempelkan berabagai ornamen seperti poster dengan kata-kata penyemangat. Bebaskan pula para karyawan untuk menempelkan gambar yang mereka sukai di dinding tersebut sehingga mereka berpikir bahwa kantor mereka terasa seperti rumah sendiri.
Desain Kantor dengan Rasa Rumah Sendiri

Meminimalisir sekat antar ruangan dengan fungsi berbeda layaknya rumah juga bisa dijadikan pilihan desain kantor yang nyaman. Misalkan ruangan kerja para karyawan yang langsung bersatu dengan pantry. Di pantry mereka dapat rehat atau bersantai sejenak dari pekerjaan mereka.
Desain Kantor dengan Rasa Rumah Sendiri

Ruang makan mejadi salah satu ruangan yang esensial di rumah. Jika ingin memanjakan karyawan agar betah di kantor maka buat pula kantin atau ruang makan yang nyaman dan desain menarik. Pastikan juga mereka dapat bekerja di kantin dengan menyediakan aliran listrik dan internet.
Desain Kantor dengan Rasa Rumah Sendiri

Membuat seting meja karyawan yang berdekatan dan berhadapan satu sama lain bisa membangun interaksi personal yang erat di antara mereka. Berinteraksi secara langsung ini pun dapat membangun mood para karyawan lebih baik dibanding bekerja atau sibuk dengan pekerjaan mereka terus-menerus.
Desain Kantor dengan Rasa Rumah Sendiri

Desain Kantor dengan Rasa Rumah Sendiri

        
Menempatkan tanaman hidup dalam ruangan bekerja menurut penelitian dapat meningkatkan produktivita kerja hingga 15%. Mengapa demikian? Selain memberikan suplai oksigen tambahan, tumbuhan juga dapat memberikan kesan segar bagi mata dan otak. Selain menambahkan tanaman, menempatkan ayunan atau hanging chair juga bisa dilakukan sebagai alternatif tempat duduk bagi para karyawan.
Desain Kantor dengan Rasa Rumah Sendiri

Bekerja santai sambil berbaring yang sering dilakukan di rumah juga bisa dilakukan di kantor. Ubah salah satu pojokan kantor menjadi ruangan kerja santai dengan menambahkan karpet dan matras atau bantal besar.
Desain Kantor dengan Rasa Rumah Sendiri

Ruangan bermain atau olah raga juga dibutuhkan bagi para karyawan yang telah lelah bekerja dan butuh hiburan. Tempatkan sarana olah raga seperti papan catur, tenis meja, atau berbagai macam kartu untuk menyegarkan otak.
Ada baiknya membuat ruangan kantor terhubung dengan ruangan terbuka yang dipenuhi tanaman hijau. Sirkulasi udara yang terus-menerus menggunakan pendingin ruangan dapat berdampak buruk bagi kesehatan para karyawan.

Semoga ide-ide desain kantor nyaman tersebut dapat menginspirasi Anda.

Terima Kasih telah mengunjungi dan membaca artikel Desain Kantor dengan Rasa Rumah Sendiri.



Desain Kantor dengan Rasa Rumah Sendiri | Wadi Son | 5