Berkebun Vertikal Di Lahan Rumah Minimalis

Memiliki taman di rumah memang menyenangkan, terutama jika Anda senang berkebun. Menanam tanam-tanaman bukan hanya membuat rumah Anda cantik,tapi juga membuat udara segar. Tapi tidak semua orang beruntung memiliki rumah dengan lahan yang luas, sehingga menata taman di rumah menjadi suatu tantangan. Jika Anda tetap ingin bisa berkebun atau hanya memiliki taman dengan lahan yang minimalis, mungkin Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini.
Pot untuk Lahan di Rumah
Gunakan Pot
Pot dapat Anda gunakan sebagai media untuk menanam tanaman yang Anda inginkan. Pot tanaman dapat Anda letakkan di tempat-tempat yang tidak terlalu luas, dan tidak memiliki banyak tanah. Anda bahkan dapat menggantungkan pot di bawah jendela untuk mengatasi terbatasnya lahan. Jika Anda memiliki sebuah teras, letakkan beberapa pot pada salah satu sudut yang tidak banyak digunakan.
Furniture Bekas untuk Lahan Rumah
Memanfaatkan Furniture Bekas
Anda memiliki laci baju yang sudah tidak terpakai? Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat Anda berkebun. Anda hanya tinggal menjadikan laci-laci tersebut sebagai tempat menanam tanaman. Atur laci-laci tersebut sehingga semua terkena air dan matahari. Cara ini selain ramah lingkungan juga akan menghemat tempat berkebun.
Menanam di Kanton Sepatu
Menanam di Kanton Sepatu

Kantung-kantung sepatu yang biasa digantung di balik pintu, kadang tidak tahan lama sehingga Anda tidak dapat menggunakannya lagi. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat taman vertikal di rumah minimalis Anda. Gunakan kantung-kantung sepatu tersebut sebagai pot yang digantung di pekarangan rumah Anda.
Membuat pot gantung dari pipa bekas
Membuat pot gantung dari pipa bekas
Gantung beberapa pipa air dengan ukuran cukup besar yang sudah tidak terpakai, lalu tanam tanaman Anda pada pipa tersebut. Selain menghemat tempat, cara seperti ini juga sangat ramah lingkungan, terutama karena Anda dapat menggunakan barang yang tidak terpakai. Selain dari pipa, Anda dapat menggunakan bahan lain sebagai pot, seperti kotak plastik yang sudah tidak terpakai.
Pot tumpuk untuk teras
Pot tumpuk untuk teras

Tumpuk beberapa buah pot tanah liat dan tanam tanaman yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda dapat menanam bunga-bungaan atau tanaman herbal yang bisa dikonsumsi pada menara pot ini. Letakkan pot bertingkat ini pada teras rumah atau di dekat dapur Anda untuk mempermudah mengkonsumsinya.
Dengan teknik-teknik berkebun seperti ini, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan besar lahan yang Anda miliki. Berkebun secara vertikal ini memang menjadi solusi utama dalam mengatasi terbatasnya lahan. Semoga tulisan ini dapat Anda aplikasikan di rumah minimalis Anda. Untuk ide pemanfaatan lahan lainnya, Anda bisa terus membaca di website kami.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Berkebun Vertikal Di Lahan Rumah Minimalis.

Jangan lupa baca juga artikel tentang Tips Seputar Rumah Minimalis lainnya dan juga cara pintar Cari Properti.
Berkebun Vertikal Di Lahan Rumah Minimalis | Wadi Son | 5