Berkebun di Atap Rumah Minimalis


Kebun di atap rumah minimalis
Kebun di atap rumah minimalis
 Rumah bergaya minimalis memang sedang menjadi trend di ranah properti belakangan. Kesan rapi dan harga yang murah menjadi alasan orang menyukai gaya rumah seperti ini. Sesuai dengan artinya, rumah minimalis memiliki barang dan bahan yang seminimal mungkin dengan manfaat yang semaksimal mungkin.

Jika Anda senang berkebun dan tinggal di rumah dengan model minimalis, tentunya anda ingin memanfaatkan lahan di rumah anda untuk bercocok tanam. Menanam tanaman, bahkan sayuran favorit anda tentunya sangat menyenangkan. Apalagi anda bisa menikmati hasilnya untuk anda masak sendiri.


Nah, tapi bagaimana kalau lahan rumah anda terbatas? Rumah minimalis seringnya memiliki lahan yang terbatas, terutama jika Anda tinggal di daerah perumahan. Hobi Anda mungkin harus sedikit ditahan karena kekurangan tempat dan tidak bisa memperluas halaman.
Jangan takut, anda bisa mengakali kurangnya lahan dengan sedikit perubahan di rumah. Anda bisa membuat taman di atap rumah!
Yang harus anda lakukan pertama, adalah memeriksa apakah mungkin membuat taman di atap. Atap harus bisa menahan berat taman. Anda bisa berkonsultasi dengan arsitek untuk ini. Tentu, nantinya anda juga harus menggunakan materi dan barang-barang yang ringan. Pastikan juga anda memiliki akses yang mudah untuk mencapai taman karena anda bisa jadi harus mengangkut barang-barang yang besar dan berat ke lokasi.
Kebun di atap rumah minimalis
Kebun di atap rumah minimalis 2

Anda juga harus mulai merancang taman anda. PIkirkan dimana anda akan meletakkan area tanaman, sayuran, bahkan jika anda mau, area untuk anda duduk-duduk santai bersama keluarga anda. Pilih tanaman yang cocok dengan lokasi anda. Jika yang anda tanam memerlukan banyak matahari, tapi lokasi taman anda kurang terkena matahari, karena terutup bangunan di samping anda, misalnya, tentu saja tanaman anda tidak akan tumbuh dengan baik.
Anda juga bisa mulai memilih pot, furnitur dan hal-hal lain yang diperlukan di taman anda agar sesuai dengan tema taman yang anda pilih. Jangan lupa, tentukan juga bagaimana anda akan mengairi tanaman anda. Apakah anda akan membawa air sendiri, atau anda memasang sistem pengairan di sana.
Biasanya di atas atap lebih berangin. Untuk mengurangi, anda bisa memasang windbreaker seperti kanopi atau trellis. Nantinya, ini juga bisa dijadikan media bila anda menanam jenis tanaman yang merambat. Tentunya anda juga harus memikirkan agar matahari tetap masuk sehingga tidak menghalangi pertumbuhan tanaman.

 Anda masih bingung dengan apa yang harus anda lakukan? Anda bisa berkonsultasi dengan para ahli untuk menolong anda merancang taman. Sekarang anda siap untuk bercocok tanam di rumah minimalis anda. Jadi walaupun anda tinggal di rumah minimalis dengan lahan terbatas, hobi berkebun anda tidak perlu ditahan, kan?

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel tentang Berkebun di Atap Rumah Minimalis.
Berkebun di Atap Rumah Minimalis | Wadi Son | 5