Tips Denah Rumah Sederhana yang Terbaik

Sesederhana apapun rumah yang akan kita buat, akan lebih baik jika memang pembuatannya direncakana sebaik mungkin. Cara awal dari perencanaan terletak pada pembuatan denah rumah sederhana. Denah ini tidak hanya akan membantu untuk memperhitungkan letak ruangan dan luas dari tiap ruangan tersebut, namun juga akan berpengaruh pada biaya yang dibutuhkan untuk bahan serta pengerjaannya dan juga lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakannya. Sayangnya, banyak orang yang melewatkan fase pembuatan denah dan perencanaan yang matang karena dianggap membuang waktu dan biaya. Apapun proyek yang akan dilakukan, perencanaan merupakan hal yang amat penting dan jangan pernah dilewatkan.
http://2.bp.blogspot.com/-jO4KJjr039Q/UXl7i2w9API/AAAAAAAAATs/DfZuNrPUEgM/s640/contoh-denah-rumah-minimalis-4.jpg
Membuat denah rumah sepertinya merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, namun demikian, ada baiknya pembuatan denah ini diserahkan kepada mereka yang berpengalaman dan memiliki kemampuan dalam bidang ini. Jika kita sebagai pemilik rumah hendak mencoba-coba membuat denah sendiri, maka biasanya akan terjadi kekurangan di sana-sini. Kita mungkin bisa membuat gambarannya saja, namun untuk pembuatan denahnya, arsitek adalah orang yang tepat untuk melakukannya.
http://4.bp.blogspot.com/-GNt43JdxxFo/T_cmcK-OUkI/AAAAAAAAAJ4/L_02MSSW80o/s1600/CLOSED21.png
Kekurangan yang bisa terjadi misalnya adalah pembuatan tembok. Jika kita membuat denah sendiri, maka mungkin kita lupa untuk memperhitungkan pembuatan tembok, sehingga akan terjadi perbedaan perhitungan luas antara luas yang telah kita perhitungkan sebelumnya dengan luas sebenarnya setelah dibuat tembok di sekeliling ruangan tersebut.
http://fa15al.files.wordpress.com/2008/10/sket-denah-3.gif
Selain itu, tanpa pengalaman dan pengetahuan, kita mungkin tidak memiliki kreatifitas dan kemampuan untuk dapat menempatkan ruangan secara sesuai dan memaksimalkan unsur-unsur alam seperti pencahayaan dan perputaran udara. Penggunaan listrik di rumah dapat dikurangi, terutama pada siang hari jika memang pembuat rencananya dapat memperhitungkan secara pasti bagaimana cara memaksimalkan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Penempatan ruangan serta jendela yang tepat bisa membantu memastikannya.
http://cdn.home-designing.com/wp-content/uploads/2013/08/overhead-shot-21-600x420.jpg
Demikian pula dengan ventilasi. Jika peletakan ventilasi baik, maka udara di dalam ruangan akan selalu segar dan kita dapat mengurangi pemakaian barang elektronik seperti pendingin ruangan. Tentunya meminta bantuan seorang profesional untuk membantu dalam perencanaan akan memiliki kekurangannya sendiri, yaitu pada masalah biaya. Akan dibutuhkan biaya tambahan untuk membayar jasa yang diberikan oleh seorang arsitek ketimbang melakukannya sendiri. Namun anggaplah biaya ini sebagai investasi. Investasi ini bisa terbayar ketika kita tidak dapat mengurangi pemakaian lampu ataupun pendingin udara.
http://4.bp.blogspot.com/-BoIUQgmRiCc/UrxbX4KgdVI/AAAAAAAAEB4/ijwCKQBNMp4/s1600/denah+rumah+sederhana+minimalis.jpg
Apalagi mengingat bahwa biaya pemakaian listrik selalu bertambah dan tidak pernah ada dalam sejarah bahwa biaya listrik turun. Selain itu, dengan mengurangi beban listrik, kita membantu kelangsungan alam yang memang saat ini terforsir demi untuk menyediakan aliran listrik bagi semua orang padahal tingkat kebutuhan pemakaian listrik selalu juga bertambah seiring semakin banyaknya barang elektronik yang bekerja dengan menggunakan listrik.
Tips Denah Rumah Sederhana yang Terbaik | Wadi Son | 5