Rumah Minimalis 1 Lantai untuk Keluarga Kecil

Rumah minimalis 1 lantai dengan ukuran yang mungil adalah rumah yang sesuai bagi keluarga baru dan keluarga kecil. Ini karena lahan yang dibutuhkan tidaklah luas namun dengan gaya minimalis, rumah tersebut bisa terasa amat nyaman untuk ditinggali. Rumah minimalis memiliki model yang sederhana, namun bukan berarti kesederhanaan tersebut tidak memiliki kualitas.
http://4.bp.blogspot.com/-trtz7pfHX8g/VDq10r1pheI/AAAAAAAAAcQ/uT-xjTpd888/s1600/desain-rumah-minimalis-1-lantai-type-36-luas-lahan-72-m2.jpg

Kesederhanaan dalam desain merupakan gaya khas rumah minimalis. Namun bahan pembuatnya bisa terbuat dari bahan yang berkualitas dan kuat sehingga bisa tahan lama. Harga properti yang kian melambung tinggi memang membuat kebanyakan orang tidak mampu untuk membeli rumah dengan lahan yang luas. 
 http://3.bp.blogspot.com/-ikr72dY5hRU/UcpzuZTr_bI/AAAAAAAAElY/LIITNrMd-xk/s1600/Foto+Rumah+Minimalis+1+Lantai+k.jpg
Namun konsep desain minimalis membuat penggunaan lahan lebih maksimal dan tampilannyapun terlihat elegan. Baik eksterior ataupun interior rumah minimalis, biasanya tidak rumit dalam arsitektur dan tidak sulit dalam pembuatan sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pengerjaannya tidaklah semahal rumah yang rumit dan penuh dekorasi di sana sini.
http://1.bp.blogspot.com/-dxhlAzB6Bvg/UtOMdTM_VLI/AAAAAAAAAAg/hMsnGNjHceQ/s1600/5642402614191854076852056890n.jpg

Dekorasi pada rumah minimalis biasanya hanyalah ornamen dari berbagai bahan alami seperti batu dan tekstur yang sederhana seperti kotak-kotak ataupun garis. Walaupun lahan tidak luas, namun ruangan-ruangan dalam rumah minimalis bisa tampak sedikit luas asalkan warna cat yang dipilih benar. Cat yang benar adalah cat yang berwarna cerah. Cat warna cerah memang bisa membuat ruangan terasa lebih lega.

Pilihan warna mudapun juga beragam sekali. Bisa saja memilih warna mudah dari warna hijau, biru, merah, cokelat dan lain sebagainya. Warna cerahpun biasanya akan lebih mudah dipadupadankan dengan beragam warna interior lainnya karena lembut dan tidak mencolok. Untuk pembagian ruangan di rumah, bahkan tanah dengan lebar 7 meter dan panjang 10 meterpun bisa dibagi menjadi satu atau dua kamar tidur, dapur, garasi, ruang keluarga, ruang makan, ruang tamu dan dapur.
http://popimagine.com/wp-content/uploads/2013/11/small-but-elegant-one-floor-house-design.jpg
Caranya mungkin sedikit agak sulit, namun dengan meminta bantuan dari arsitek terpercaya, maka semuanya akan menjadi mungkin. Pembagian ruangan ini memang membutuhkan perhatian khusus karena semakin kecil lahannya, maka akan semakin menantang pula desainnya. Akan lebih baik lagi apabila pemilik rumah meminta lebih dari satu alternatif denah rumah yang akan dibangun supaya mendapatkan kreasi yang terbaik dan paling kreatif.
http://3.bp.blogspot.com/-G39RNJeVRcA/UlzcBgRj2tI/AAAAAAAAAIw/jC8dvZKWl4w/s1600/rumah-minimalis-Tipe-36.jpg
Tantangan lain dari rumah minimalis mungil adalah penataan interior. Sebaiknya mempergunakan interior yang juga minimalis dan bersikap kompak agar berfungsi secara maksimal namun tidak membutuhkan ruangan yang terlalu luas. Akan lebih baik lagi jika suatu perabot dapat memiliki lebih dari satu fungsi. Misalnya, sebuah tempat tidur minimalis yang dilengkapi dengan tempat penyimpanan di bagian bawahnya.
http://1.bp.blogspot.com/-AGUUdp5-fQs/TW2mveHkdjI/AAAAAAAAAS8/BQDX2tZnywg/s1600/Desain%2BRumah%2BMinimalis%2Bposisi%2BHook1.jpg
Jika satu perabot bisa memiliki dua fungsi, maka rumah tersebut tidak membutuhkan terlalu banyak perabot dan isi rumah bisa terlihat rapi. Kerapian bukan saja salah satu konsep utama minimalis, namun juga merupakan salah satu cara untuk membuat ruangan pada rumah minimalis terlihat lebih luas.
Rumah Minimalis 1 Lantai untuk Keluarga Kecil | Wadi Son | 5