Rumah Idaman Minimalis di atas Lahan Sempit

Jika memang lahan yang tersedia untuk membangun rumah tidaklah luas, maka janganlah berkecil hati karena rumah idaman ternyata dapat dibangun di atas lahan sempit. Lahan memang kerap menjadi penghalang, namun dengan inspirasi dan kreatifitas yang tinggi, kita bisa membangun rumah yang cukup nyaman pada lahan tersebut.

Bagi rumah kecil dengan gaya minimalis, biasnaya ruang tamu dan ruang keluarga tidaklah dipisah. Pemisahan kedua ruangan tersebut akan mempersempit rumah sehingga menjadi tidak nyaman. Walaupun kedua ruangan tersebut menjadi satu, atau tidak dibatasi dengan dinding sebenarnya keduanya masih dapat dipisahkan dengan partisi atau pembatas yang tidak permanen. Mempergunakan rak buku atau rak tinggi lainnya kerap menjadi pemecahan pintar. Partisi semacam ini memang akan memakan ruangan, namun paling tidak rak akan memiliki fungsi lain daripada sekedar partisi, sehingga dengan fungsi ganda, kita tidak membutuhkan terlalu banyak perabotan dan dapat menjaga ruangan menjadi tetap minimalis.

Selain itu, pembatas ruangan dengan mempergunakan rak biasanya juga akan membantu kita menjaga privasi ruang keluarga ketika ada tamu berkunjung di ruang tamu. Privasi akan sangat dibutuhkan ketika anggota keluarga sedang beraktifitas di ruang keluarga dan tidak merasa nyaman jika aktifitas pribadi terlihat oleh tamu. Namun demikian, jika memang ruangan tersebut terlalu sempit untuk dipisahan dengan rak, maka pemisah lain bisa dipergunakan. Contohnya adalah partisi yang terbuat dari bambu ataupun tirai.

Karena ruangan tersebut sempit dan kecil, maka kita harus sangat berhati-hati dalam mendekorasinya. Jika kita mempergunakan berbagai perabotan yang tidak sesuai, maka alih-alih membuat ruangan tersebut menjadi ringan dan minimalis, kita malah akan membuat ruangan tersebut terasa penuh dan sempit. Saking sempitnya, kerap kita harus melewati perabotan tertentu untuk dapat melewati ruangan tersebut.

Contoh perabotan yang seharusnya tidak dipergunakan di ruangan sempit adalah meja dengan kaki melengkung dan penuh dekorasi. Walaupun ukuran meja ini sama dengan meja minimalis dengan kaki ramping dan lurus, namun demikian, meja berkaki melengkung akan memakan lebih banyak tempat di atas lantai karena kakinya. Jika kita mendapatkan luas meja yang sama, maka mengapa kita harus menggunakan desain yang hanya akan memakan lebih banyak tempat daripada yang seharusnya?


Selain itu, untuk ruang keluarga, biasanya kita akan meletakkan televisi di ruangan tersebut. Televisi yang dipilih sebaiknya adalah televisi tanpa tabung karena televisi model baru ini akan memakan lebih sedikit tempat. Selain itu, kita bisa saja menggantungkan televisi di dinding dengan mempergunakan kerangka besi yang dibuat khusus untuk televisi sehingga bisa disesuaikan tinggi ataupun sudut yang diinginkan. Jika kita mempergunakan televisi model ini, kita juga tidak akan membutuhkan rak televisi yang akan memakan tempat. Selain itu, jika hendak menghias ruangan, maka ada baiknya menggunakan hiasan gantung.
Rumah Idaman Minimalis di atas Lahan Sempit | Wadi Son | 5