Rak Buku Minimalis Unik dan Penataannya

Memiliki rak buku minimalis ternyata belum cukup untuk menunjukkan bahwa kita merupakan penganut konsep minimalis. Marilah kita membandingkan sebuah ruang tamu yang berisi empat rak buku minimalis dan setiap tingkat dari rak tersebut dipenuhi oleh puluhan buku, belasan hiasan, 24 foto dalam frame, 2 cangkir kopi, berbagai rangkaian bunga, vas serta lilin. Dan rak buku kedua adalah rak minimalis yang hanya terdiri dari beberapa buku saja. Manakah yang lebih berprinsip minimalis? Tentunya rak buku kedua.
http://2.bp.blogspot.com/-YCgF1OtWfxc/UtuOrdedSlI/AAAAAAAAJg8/1p2K7Fh-Xp4/s1600/Model-Rak-Buku-Minimalis.jpg
Banyak orang mendefinisikan gaya minimalis sebagai membuang semua barang milik yang kita miliki dalam hidup. Jika memang ini adalah konsep minimalis, maka pastinya banyak orang akan merasa bosan dengan keterbatasan barang yang ada. Ternyata definisi tersebut belum dapat dinyatakan sebagai definisi yang benar sehingga menciptakan asumsi yang salah mengenai gaya minimalis. Konsep minimalis sendiri bukanlah hanya sekedar menyingkirkan semua barang kepemilikan yang berbentuk fisik.
http://3.bp.blogspot.com/-w7h1cfxwPkg/UiG-0epwRuI/AAAAAAAACjA/FnHecGctr80/s1600/Desain+rak+buku+modern+minimalis.jpg
Konsep tersebut juga meminta kita untuk dapat menjaga semua barang yang paling berharga untuk kita. Jadi intinya adalah bukan membuang semua yang kita miliki, namun lebih ke arah memilih mana yang penting dan mana yang tidak penting sehingga kita akan tetap hidup dikelilingi barang yang penting bagi kita walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak.
http://cdn.kaskus.com/images/2013/07/11/2195248_20130711040944.jpg
Oleh karenanya, jika Anda memiliki rak buku minimalis seperti yang digambarkan pada deskripsi pertama, yang dipenuhi oleh barang, maka sebaiknya rak tersebut dirapikan dan diseleksi ulang. Untuk dapat menyeleksi barang-barang tersebut, kita harus bertanya kepada diri kita sendiri, mana sajakah barang yang paling penting bagi kita?
Lemari Buku Unik
Keuntungan menjadi orang yang mencintai konsep minimalis adalah kemampuan untuk melihat secara jelas mana yang penting bagi kita dan mana yang hanya akan menjadi penghalang. Maka dari itu, lihatlah di sekeliling kita. Bagaimana perasaan kita ketika kita melihat ke seluruh penjuru ruangan tersebut? Jika kita adalah seorang tamu yang belum pernah memasuki ruangan tersebut, maka apakah yang mereka pikirkan dan mana sajakah yang menurut mereka merupakan barang paling penting? Tidak ada salahnya berusaha untuk menjadi orang lain dan mencoba berpikir seperti orang lain. Dengan begitu, kita akan mencoba melihat dari sudut pandang orang lain dan ini sering memudahkan kita untuk melakukan pembersihan.
http://1.bp.blogspot.com/-TEEc4cgWPjM/UlQWwLbDHeI/AAAAAAAAALM/SkWZ7S2WnVo/s1600/Rak-Buku-Raksasa-Pengganti-Dinding-dalam-Loft-01.jpg
Rak buku tentunya merupakan tempat untuk buku. Tidak ada salahnya meletakkan satu atau dua hiasan di rak tersebut, namun bukan berarti bahwa kita meletakkan semuanya di sana. Dan untuk konsep minimalis, puluhan buku yang berjajar sepertinya bukanlah hal yang seharusnya. Cobalah pilah dan pilih buku-buku mana yang paling penting dan paling sering dibaca. Biarkan paling tidak sepuluh dari buku tersebut di rak, sementara yang lainnya bisa dimasukkan ke dalam lemari untuk menghindari tampilan yang tidak rapi.
Rak Buku Minimalis Unik dan Penataannya | Wadi Son | 5