Pembagian Ruangan pada Desain Rumah Minimalis 1 Lantai

Pembuatan desain rumah minimalis 1 lantai biasanya disebabkan karena biaya yang minim. Membangun rumah bertingkat memang akan memakan lebih banyak biaya sehingga jika memang belum memungkinkan, maka sebaiknya tetap pada rumah satu lantai saja.  Rumah ini masih akan dapat berkembang di kemudian hari.

Membuat desain rumah minimalis pastinya akan memakan biaya karena desain ini biasanya dikerjakan oleh arsitek yang telah memiliki latar belakang pendidikan serta pengalaman dalam hal tersebut. Apakah ini merupakan salah satu pemborosan? Tentu saja tidak. Arsitek tidak hanya akan membantu kita untuk mencarikan desain yang paling sesuai bagi kebutuhan kita dengan memaksimalkan lahan yang ada, namun demikian arsitek juga akan dapat membantu membuatkan rencana pembangunan yang paling baik dan paling aman.

Kebanyakan rumah minimalis bertipe 36, 45 dan 54. Pada lahan berukuran 36 meter persegi, biasanya rumah yang dibangun hanya berukuran 30 meter persegi saja sehingga sisanya merupakan taman. Untuk rumah berukuran 30 meter persegi, lebar ideal rumah seharusnya adalah 5 meter persegi dan panjangnya 6 meter persegi. Ukuran ini dianggap ideal karena jika bisa mendapatkan ukuran tersebut, maka akan lebih mudah melakukan pembagian ruangan di dalam rumah tersebut.

Walaupun ukuran ini banyak ditawarkan, namun sebenarnya ukuran rumah ini dirasa terlalu mungil jadi tidak banyak keluarga yang tertarik dengan ukuran rumah tersebut. Mereka yang terarik pada rumah tipe ini adalah mereka yang biasanya belum berkeluarga sehingga belum membutuhkan lahan yang luas. Sebaliknya, banyak orang yang tertarik pada tipe 45. Tipe ini dianggap memiliki ukuran yang cukup, tidak terlalu kecil namun tidak juga terlalu luas.

Karena ukuran tipe ini tidak terlalu kecil, maka desain yang dapat ditawarkan biasanya cukup beragam, namun demikian karena rumah ini tidak terlalu luas, maka perawatan pada rumah ini begitu murah dan mudah. Rumah minimalis berukuran tipe ini akan terlihat sederhana namun elegan. Rumah ini amatlah sesuai bagi kebutuhan berbagai keluarga kecil. Sisa dari pembangunan rumah ini bisa dipergunakan untuk ruang gerak ataupun taman. Taman sempitpun bisa tampak indah dan asri dengan gaya minimalis.

Sedangkan untuk tipe rumah 54, karena ukurannya yang luas, maka desain minimalis bukanlah satu-satunya desain yang sesuai bagi lahan ini. Jika pada tipe sebelumnya, kita mendapatkan keunggulan untuk melakukan variasi penempatan ruangan, maka pada tipe ini biasanya variasinya bukan hanya pada penataan ruangan, namun juga pada gaya rumah yang dipergunakan. Rumah bergaya klasik juga dapat dibangun pada lahan ini dan tetap dapat memberikan kesan elagan. Namun tentunya bagi Anda yang lebih menyukai kesan modern, maka rumah bergaya minimalis merupakan rumah yang paling sesuai bagi Anda.
Pembagian Ruangan pada Desain Rumah Minimalis 1 Lantai | Wadi Son | 5