Model Rumah Minimalis Type 36 yang Ideal

Model rumah mininalis type 36 yang ideal amat menentukan kenyamanan tinggal di rumah tersebut. Rumah tipe ini amatlah mungil sehingga kerap pembuatan gambarnya menjadi cukup menantang. Banyak sekali gambaran tipe rumah semacam ini beredar di internet ataupun di berbagai majalah arsitektur sehingg bisa dipergunakan sebagai patokan ataupun inspirasi, namun demikian jarang yang dapat menawarkan sesuatu yang berbeda, unik namun cerdas.


Cerdas di sini maksudnya adalah bahwa rumah tersebut tidak membutuhkan pencahayaan lampu di siang hari karena sudah dilengkapi dengan jendela ataupun kaca yang menghadap ke atas atau mungkin malah rumah tersebut memiliki pembagian ruangan yang tidak biasa sehingga semua kamar menjadi terlihat lebih nyaman lagi.


Memiliki rumah mungil bukan berarti bahwa Anda tidak bisa mendapatkan kenyamanan. Rumah mungil memang mengurangi ruang gerak, namun akan terasa menyenangkan jika memang didisain dan direncanakan secara matang.

Rumah tipe ini biasanya berdiri di tanah yang luasnya antara 50 – 75 meter persegi. Sehingga ini berarti bahwa masih ada lahan kosong yang jika diperlukan dapat dibangun menjadi ruangan. Namun tidak perlu terburu-buru dalam merencanakan pembangunan lebih lanjut. Sebaiknya berkonsentrasi terlebih dahulu pada rumah ini yang akan dibangun.

Idealnya rumah bertipe ini memiliki ukuran berbentuk kotak, yaitu 6 meter kali 6 meter. Namun demikian, kerap kali hal ini tidak dimungkinkan karena lahannya sendiri tidak memiliki ukuran tersebut. Contohnya adalah ketika lahan memiliki ukuran 5 x 8 meter. Tidak mungkin membangun rumah berukuran 6 meter di atas lahan seluas 5 meter. Jika tidak memungkinkan, maka biasanya ukuran lain yang tersedia adalah 5 x 7.2 meter. Namun ukuran ini lebih menangtang untuk direalisasikan dalam desain.


Rumah tipe 36 bisa memiliki dua kamar tidur. Kamar tidur tersebut biasanya diletakkan berdekatan dengan kamar mandi di bagian tengahnya. Memang ini membuat penghuni rumah memiliki akses yang sama ke kamar mandi. Selain itu, kedua kamar tersebut biasanya berada di bagian depan dan bagian belakang rumah sehingga keduanya memiliki akses udara langsung dari luar. Ini akan membantu perputaran udara di dalam kamar tidur dan membantu menjaga kamar tidur agar tetap segar walaupun pintu dalam keadaan tertutup.

Selain itu, biasanya rumah ini tidak memiliki ruangan untuk ruang keluarga yang terpisah dari ruang tamu dan letak dari ruang keluarga berikut ruang tamu itu dekat dengan kedua kamar sehingga agak sulit untuk mendapatkan privasi ketika ada tamu yang sedang berkunjung ke rumah dan penghuni rumah hendak mempergunakan kamar mandi yang terletak di dekat kamar tidur. Salah satu pemecahan masalah adalah dengan mempergunakan sekat ruangan, namun ini akan membuat tampilan rumah menjadi lebih sempit lagi.
Model Rumah Minimalis Type 36 yang Ideal | Wadi Son | 5