Merancang Tipe Rumah Minimalis Nan Nyaman

Rumah minimalis merupakan rumah yang sesuai bagi berbagai tipe lahan. Oleh karenanya, banyak lahan sempit memilih tipe rumah minimalis agar bangunannya tetap terlihat nyaman dan modern namun tidak mengurangi banyak lahan untuk hal yang tidak penting. Namun demikian, mereka yang memiliki tanah luaspun juga banyak yang memilih rumah minimalis dengan tampilan mewah.

Bagi mereka yang hendak membangun rumah minimalis di atas tanah sempit, maka ada beberapa pilihan tipe rumah minimalis modern yang tersedia. Perkembangan jenis dan tipe rumah minimalis tidak terlepas dari jumlah penggemar rumah minimalis yang semakin tinggi. Lebih lagi, rumah bergaya minimalis ini tidak memiliki konsep yang rumit karena pada dasarnya hanya membutuhkan garis-garis yang tegas, warna netral yang perpaduannya tidak lebih dari tiga macam, serta penggunakan perabotan yang kembali mengacu pada fungsi. Maksudnya adalah bahwa tidak ada penggunaan perabotan yang berlebihan.

Bagi Anda yang memiliki keterbatasan dana sehingga hanya dapat membeli tanah berukuran kecil, Anda tidak perlu berkecil hati. Ini karena Anda masih bisa mendapatkan rumah indah nan nyaman walaupun dengan tanah dan dana pembangunan yang terbatas. Ini adalah salah satu alasan mengapa keluarga kecil atau pasangan yang baru menikah biasanya memilih rumah minimalis mungil seperti tipe rumah 36. Maksud dari tipe 36 adalah bahwa rumah tersebut berukuran mungil, yaitu 36 meter persegi.

Walaupun ukurannya sangat mungil, tapi terbukti bahwa rumah minimalis tipe 36 menjadi alternatif yang amat sesuai bagi mereka yang memiliki keterbatasan dana sehingga rumah-rumah seukuran ini amat laris di pasaran. Tentunya saja larisnya rumah ini di pasaran bukan hanya karena harganya yang relatif terjangkau, namun juga karena pembuatan konsep rumah yang menarik. Konsep tersebut bisa meliputi desain eksterior rumah dan juga pembagian ruangannya yang dapat membuat rumah mungil tampak lengkap.

Memang karena lahannya yang sangat terbatas, rumah bertipe 36 ini cukup menantang untuk didesain. Karena bagaimanapun juga sebuah rumah harus memiliki berbagai ruangan wajib yang tidak dapat dihilangkan, yaitu ruang keluarga, dapur, kamar tidur dan kamar mandi. Lebih lanjut lagi, rumah ini tidak akan memiliki ruangan-ruangan yang luas sehingga inipun akan berpengaruh pada pemilihan perabotan yang akan dipergunakan.
 
Tipe 45 adalah tipe rumah yang juga kerap ditawarkan. Rumah tipe ini merupakan tipe nomor dua termungil setelah tipe 36. Seperti layaknya tipe 36, maksud dari tipe 45 adalah luas bangunan rumahnya adalah 45 meter persegi. Rumah tipe 45 sering dibangung di lahan yang luasnya antara 70 – 90 meter persegi, sehingga masih terdapat lahan untuk dapat membangun rumah lagi jika dibutuhkan.

Dari segi harga, karena bangunan serta tanahnya lebih luas, maka tipe 45 ini memang lebih mahal ketimbang tipe 36 namun bisa dikatakan masih cukup terjangkau. Inilah mengapa banyak orang meyukai tipe ini dan tipe ini merupakan salah satu tipe yang paling laris, melebihi tingkat kelarisan tipe 36.
Merancang Tipe Rumah Minimalis Nan Nyaman | Wadi Son | 5