Berbagai Pilihan Jendela Minimalis

Walaupun kayu merupakan bahan jendela yang paling banyak dipergunakan, kayu bukanlah satu-satunya material jendela. Cobalah untuk memilih lagi jendela yang sesuai bagi Anda dengan memahami kelemahan dan kelebihan masing-masing material pembuat jendela tersebut.
http://2.bp.blogspot.com/-ksvSa6pXYyA/UqZKzDiVRmI/AAAAAAAAAL0/wsDrkEU2ncQ/s320/Kusen+Pintu+dan+Jendela+Minimalis+7.jpg
1.Jendela Plastik
Jendela plasti atau PVCu kini mulai banyak dipergunakan untuk berbagai bangunan. Jendela ini sering dianggap sebagai jendela yang tidak bersahabat dengan lingkungan hidup, namun demikian sebenarnya tidak dan para pembuat jendela plastik hendak mencoba mengubah pandangan ini.

Kelebihan dari jendela plastik adalah harganya yang paling murah ketimbang berbagai jenis jendela lainnya dan dengan harga tersebut, kita bisa mendapatkan berbagai jenis kualitas jendela. Kelebihan lain dari jendela plastik adalah seperti layaknya bahan plastik lainnya, jendela ini tidak membutuhkan perawatan selain dari membersihkan secara teratur.

Kekurangan dari jendela tersebut adalah bahwa bahan plasti memang terlihat sedikit murahan dan akan mengurangi keindahan dari rumah tersebut. Jika sudah memiliki kerusakan, maka jendela ini hampir tidak mungkin diperbaiki dan malah harus diganti dengan yang baru.

2.Jendela Kayu kualitas rendah
Jendela kayu kualitas rendah adalah jendela yang terbuat dari kayu seperti kayu cemara ataupun fir. Jendela jenis ini cukup populer di kalangan penyuka kayu namun tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli kualitas yang lebih tinggi.

Kelebihan dari jendela kayu kualitas rendah adalah bahwa jendela ini ketika sudah dicat akan terlihat indah pada rumah-rumah yang biasanya tidak diharapkan untuk dapat bertahan lama.

Kekurangannya adalah bahwa jendela ini kerap memiliki titik lemah dan harus sering dicat kembali setelah beberapa tahun. Walaupun jendela ini lebih kuat daripada plastik, namun tidak terlalu kuat sehingga hanya akan bertahan selama beberapa tahun saja jika terkena panas matahari dan air dari hujan.

3.Jendela Kayu kualitas tinggi
Jendela kayu kuaitas tinggi adalah jendela yang terbuat dari kayu keras yang waktu tumbuhnya cukup lama sehingga lebih stabil dan kuat ketimbang kayu kualitas rendah. Kayu bisa mendapatkan perawatan lebih lanjut agar tingkat kestabilannya lebih tinggi lagi. Kayu jati dan cendana adalah contoh kayu kualitas baik yang cukup populer dan kerap dipergunakan pada rumah bergaya tradisional ataupun modern.

Kelebihan daru kayu ini adalah kekuatannya. Karena kayu ini amat kuat, maka selain tampilannya yang alami, kayu ini akan bertahan dalam waktu yang lama tanpa harus melakukan penggantian.
Kekurangan kayu ini adalah harganya yang amat mahal. Tidak jarang kita menemukan kayu kualitas tinggi memiliki harga sampai dengan empat kali lipat dibandingkan dengan kayu kualitas rendah.

4.Jendela Fiberglass
Jendela ini kerap dipergunakan untuk rumah bergaya modern. Kelebihannya adalah perawatannya yang mudah dan tampilannya lebih kuat dan berkelas ketimbang jendela plastik.

Kekurangan dari jendela fiberglass adalah bahannya yang tidak terlalu efisien terhadap panas seperti layaknya kayu.
Berbagai Pilihan Jendela Minimalis | Wadi Son | 5