Apa Saja Perabotan untuk Ruang Keluarga Minimalis?

Ruang keluarga minimalis tidak boleh dipenuhi perabotan dan barang lain yang tidak fungsional. Jika kita telah memahami konsep minimalis, maka kita akan dapat memahami bahwa rumah minimalis sebaiknya hanya diberi perabotan mendasar saja. Perabotan mendasar berarti adalah satu set sofa, meja kopi, serta rak televisi beserta televisinya.
http://2.bp.blogspot.com/-AtScMLGVfIg/Ti57OoN7vcI/AAAAAAAAAqs/8fR8Oj74HWw/s1600/Ruang%2BKeluarga%2BMinimalis%2BModern.jpg
Rak televisi sebenarnya saat ini banyak sudah tidak dibutuhkan karena pemilik rumah kebanyakan sudah beralih pada televisi tanpa tabung seperti LCD atau LED dan televisi semacam ini bisa dengan mudah dipasang di dinding menggunakan rangka televisinya. Ini merupakan solusi yang baik bagi ruang keluarga yang mungil dan ruang keluarga di apartemen, namun demikian, jika memang memungkinkan, maka sebaiknya kita tetap mempergunakan rak televisi hanya sebagai tempat penyimpanan. Rak ini ataupun perabotan semacamnya bisa dipergunakan untuk tempat penyimpanan berbagai barang kecil sehingga tidak berserakan.

Ruang keluarga minimalis merupakan ruang keluarga walaupun minim perabotan, namun bisa tetap terasa nyaman karena keadaannya rapi dan bersih. Kerapihan yang merupakan pertanda dari konsep minimalis ini akan mengurangi tingkat stres. Menurut penelitian, ketika mata memandang sebuah ruangan yang rapi, maka tidak akan terlalu banyak yang menarik pandangan sehingga otak tidak terlalu banyak memproses berbagai benda yang ada dan akhirnya mengurangi tingkat stres. Jika ruangan terasa nyaman, pastinya kita juga akan lebih sering menghabiskan waktu di ruangan tersebut bersama dengan anggota keluarga lainnya.

Untuk pemilihan perabotan, sebaiknya kita juga memilih bentuk perabotan yang minimalis. Perabotan yang minimalis mirip dengan gaya arsitektur yang minimalis. Bergaris tegas dan bersih. Perabotan semacam itu biasanya akan memakan lebih sedikit ruangan. Contohnya, meja kopi minimalis dengan kaki yang lurus, pastinya akan memakan lebih sedikit ruangan ketimbang meja kopi berukuran sama, namun mempergunakan kaki yang melengkung.

Selain itu, perabotan minimalis juga memberikan berbagai kelebihan lainnya karena perabotan tersebut tidak memiliki ukiran dan hiasan berlebihan sehingga lebih mudah untuk dibersihkan. Semakin kecil ukiran di perabotan, maka akan semakin sulit memberishkannya dan sering mempergunakan lap saja tidaklah cukup. Kita harus meluangkan lebih banyak waktu untuk menyikat di sela-sela ukiran.

Pemilihan sofa bisa bermacam-macam. Bisa memilih satu set sofa terpisah yang terdiri dari satu sofa untuk tiga orang, satu sofa untuk dua orang dan satu sofa untuk satu orang atau bisa juga mempergunakan sofa berbentuk L. Kelebihan sofa berbentuk L adalah lebih mudah penempatannya di sudut-sudut ruangan. Namun sofa yang terpisah bisa lebih mudah untuk diatur karena ketiga bagiannya tidak menjadi satu. Selain itu, bisa pula mempergunakan sofa bed.  Jika dibiarkan dalam keadaan tertutup, maka sofa tersebut akan tetap terlihat seperti sofa biasa, namun jika dibuka maka akan menjadi tempat tidur yang cukup nyaman.
Apa Saja Perabotan untuk Ruang Keluarga Minimalis? | Wadi Son | 5